19 Desember 2007

10 Dzulhijjah 1428 H

Pengorbanan adalah salah satu tanda dari rasa cinta, taat, sayang, dan tunduk terhadap sesuatu yang dicintainya. Pengorbanan yang ikhlas tidak mengharapkan imbalan dari yang ia cintai....melainkan sebagai wujud tanda syukur atas segala nikmat yang telah dia terima selama ini.
Ketaatan inilah yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim AS terhadap Allah SWT. Setelah sekian lama menantikan kehadiran seorang anak, akhirnya dikabulkanlah keinginan untuk memiliki buah hati tersebut, namun.....di tengah menikmati kebahagiaan sebagai seorang ayah, Allah SWT memerintahkan kepada Ibrahim untuk menyembelihnya.
Alangkah terkejut dan sedihnya perasaan Ibrahim atas perintah Allah SWT melalui mimpi yang datang beberapa kali tersebut.
Ibrahim AS adalah seorang ayah yang sangat menghargai anaknya, hal itu tercermin saat ia menyampaikan mimpinya kepada Ismail, putranya yang ia sayangi, bahwa Allah SWT memerintahkan untuk menyembelihnya.
Ismail adalah sosok anak yang patuh pada Allah SWT dan ayahnya. Tanpa ragu-ragu....Ismail bersedia untuk disembelih.

Dengan rasa ikhlas dari Ibrahim dan Ismail tersebut, maka Allah SWT mengganti Ismail dengan seekor domba pada saat melakukan penyembelihan Ismail.

Semoga segala bentuk pengorbanan kita pada saat ini, diridhoi oleh Allah SWT, selamat Idul Adha 1428H.

Tidak ada komentar: